Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Menentukan jenis susu untuk bayi baru lahir sebenarnya sangatlah mudah karena pada dasarnya Ibunda hanya tinggal memberikan ASI secara eksklusif. Akan tetapi, terkadang ada beberapa kondisi yang mengharuskan Ibunda untuk memberikan susu formula.

Bila Ibunda menghadapi kondisi yang demikian maka Ibunda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis susu non-ASI yang memiliki kandungan setara dengan ASI. Jenis susu ini dapat membantu Ibunda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Jenis Susu Pengganti ASI untuk Bayi Baru Lahir

Berikut ini adalah beberapa jenis susu non-ASI yang dapat Ibunda berikan kepada buah hati Ibunda. Jenis susu non-ASI untuk bayi lahir yang pertama direkomendasikan untuk Ibunda adalah susu yang terbuat dari susu lembu. Susu lembu ini merupakan susu non-ASI yang sangat baik untuk tubuh bayi.

Susu jenis ini disarankan untuk diberikan kepada bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI secara eksklusif karena susu ini mengadung nutrisi dan protein yang setara dengan ASI. Kandungan kasein serta whey dengan ratio 60:40 ini hampir sama dengan ASI sehingga aman dan cocok untuk bayi.

Susu untuk bayi baru lahir yang kedua adalah susu formula protein yang dihidrolis. Susu ini memiliki dasar kandungan sama dengan susu lembu meskipun telah diformulasikan dengan beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sang bayi.

Sedangkan susu non-ASI yang ketiga yang disarankan untuk Ibunda adalah susu soya. Susu ini dibuat dari sari kacang kedelai yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyimpan kandungan nutrisi yang tinggi. Meski demikian sangat disarankan untuk memberikan susu yang terbuat dari hewani.

Hal ini mengacu pada fakta bahwa memberikan susu kedelai secara berlebihan pada bayi dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Meski demikian, untuk mengurangi kekhawatiran Ibunda, kunjungilah dan konsultasikanlah segala permasalahan Ibunda kepada dokter.

Dengan menanyakan terlebih dahulu jenis susu non-ASI untuk bayi lahir manakah yang paling cocok dan aman untuk bayi maka Ibunda akan merasa lebih lega. Meski Ibunda tidak bisa menyusui ASI secara langsung namun Ibunda masih dapat memberikan susu untuk bayi baru lahir yang sehat.