Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Sang Ibu

Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Sang Ibu

Manfaat menyusui bagi ibu harus diketahui oleh semua ibu supaya mereka kemudian menjadi lebih bersemangat dalam memberikan konsumsi ASI. Tanpa pemberian konsumsi ASI maka ada kemungkinan bayi bunda tidak terlalu sehat dan bagus pertumbuhannya.

Memang ada banyak kendala pemberian ASI yang mungkin muncul dan menjadi masalah bagi bunda. Salah satunya misalnya karena status bunda yang merupakan pekerja. Akan tetapi kalau tentang kelelahan, biasanya kantor pun memberikan cuti menyusui.

Yang lebih sering menjadi masalah utama bagi bunda yang bekerja biasanya adalah waktu. Waktu memberikan air susu memang bisa membingungkan bagi bunda. Hal itu terutama ketika bunda baru pertama kali melahirkan dan tentunya juga menyusui.

Kalau tentang waktu, maka bunda bisa belajar dari orang yang sudah lebih berpengalaman. Pada dasarnya waktu pemberian air susu juga tidak ketat. Yang lebih penting kemudian adalah mengetahui apa saja sebenarnya manfaat menyusui bagi ibu?

Beberapa Manfaat Utama Pemberian ASI
Guna memberikan ASI terhadap bayi sebenarnya bisa dibagi ke dalam dua kelompok besar. yang pertama adalah guna untuk bayi sendiri, dan yang kedua untuk sang ibu. Dengan kata lain, ada dua kegunaan yang bisa diperoleh dan dua-duanya sama-sama penting dan mudahnya untuk diperoleh.

Manfaat untuk bayi sendiri pasti bunda sudah mengetahuinya. Salah satunya adalah ASI mengandung banyak zat yang berguna untuk perkembangan tubuh bayi. Selain itu, perkembangan mental dan kecerdasan juga bisa didapatkan dari sumber yang sama. Hal itu sudah banyak terbukti.

Sedangkan untuk ibu sendiri, salah satu manfaatnya adalah membuat ukuran rahim mudah kembali normal. Satu lagi adalah untuk mengurangi resiko depresi. Pada banyak kasus, bunda juga bisa mengalami pertumbuhan badan yang pesat ketika mereka memberikan asi untuk sang bayi.

Beberapa manfaat menyusui bagi ibu yang juga penting lainnya misalnya bisa mencegah terjadinya diabetes dan radang sendi. Untuk alasan yang sama bisa menurunkan resiko hipertensi, kanker payudara, dan penyakit jantung pada bunda.