Ketika Bayi Ingin Menyusu Terus Menerus

Ketika Bayi Ingin Menyusu Terus Menerus

Umumnya Bunda akan merasa begitu senang ketika mendapati bayi menyusu terus menerus. Namun Bunda harus waspada dan berhati-hati karena pemberian susu yang berlebih akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Mengapa Memberikan ASI secara rutin dan terjadwal itu penting?

Bunda selalu disarankan untuk memberikan ASI secara rutin kepada waktu. Meski demikian ada jarak tertentu yang perlu Ibunda tahu. Berikanlah ASI kepada bayi dengan rentang jarak waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Hal ini agar bayi tidak kekurangan cairan serta energi.

Bila bayi rewel dan segera ingin menyusu maka berikanlah ASI kepadanya. Namun jika ia telah mengkonsumsi banyak pada kurun waktu yang berdekatan ada baiknya bila Bunda menunda memberikan ASI terlebih dahulu selama beberapa menit baru kemudian diberikan lagi.

Bayi menyusu terus menerus bisa membuat sang bayi tersedak. Kelebihan makanan yang diberikan akan memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh. Untuk itu disarankan agar selalu menjaga keteraturan saat memberikan ASI kepada bayi.

Bayi menyusu secara rutin merupakan sebuah tanda yang baik. Hal ini karena susu merupakan zat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan memberikan susu secara rutin, Bunda telah menjaga kondisi tubuh bayi agar tetap fit dan sehat, terhindar dari segala penyakit.

ASI mampu meningkat sistem kekebalan tubuh bayi sehingga membuat bayi menjadi sehat. Meski demikian saat Bunda tengah menyusui maka tetaplah terjaga. Jangan sampai Bunda terlelap karena itu akan sangat membahayakan bayi. Tetaplah terjaga dan tatap bayi ketika ia menyusu.

Bayi yang telah kenyang akan dengan sendirinya melepaskan isapannya. Saat itulah bunda harus segera menjauhkan ASI dari sang bayi agar air susu tidak ada yang jatuh ke wajah apalagi ke area hidung karena hal tersebut berbahaya. Demikianlah alasan bayi menyusu terus menerus.