Cara Menyusui Bayi Yang Baru Lahir

Cara Menyusui Bayi Yang Baru Lahir

Menyusui bayi baru lahir butuh teknik tertentu. Bayi tidak akan bisa secara langsung menyusu kepada Ibunda. Butuh kesabaran yang tinggi serta suasana yang tenang agar Ibunda dapat menyusui sang buah hati dengan sempurna.

Bayi yang baru saja dilahirkan tidak bisa langsung mengkonsumsi ASI karena organ-organ tubuhnya belum sepenuhnya siap. Setidaknya dibutuhkan waktu 1 jam setelah ia dilahir, baru kemudian Ibunda dapat memberikan ASI untuk pertama kalinya kepada sang buah hati.

Lantas bagaimana cara menyusui bayi baru lahir yang tepat? Adakah langkah-langkah tertentu yang dapat membantu Ibunda untuk menyusui dengan lebih baik? Selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Menyusui Bayi baru Lahir dengan Benar

Sesungguhnya tidak ada teknik khusus untuk saat menyusui. Meski demikian umumnya ada posisi khusus yang biasanya digunakan oleh Ibunda yang baru saja melahirkan untuk bisa memberikan ASI ekslusif kepada sang buah hati.

Posisi yang umumnya dipakai ketika menyusui bayi baru lahir adalah dengan posisi terlentang dengan bayi yang diarahkan kepada Ibunda, posisi perut menempel pada kulit Ibunda. Topang bayi dengan cara memeluknya secara erat dan penuh kasih dan hadapkan posisi kepala ke dekat Ibunda.

Tunggulah beberapa saat hingga sisi naluriah sang bayi mendorongnya untuk bergerak secara perlahan mencari tempat keluarnya ASI. Pastikan bahwa areola atau area keluarnya ASI berada tepat di dalam mulut sang bayi. Biasanya bayi akan menyusu setidaknya 3 jam sekali.

Lamanya Menyusui Bayi Baru Lahir

Waktu menyusui bayi biasanya dilakukan selama kurang lebih 20 menit hingga paling lama sekitar 45 menit dalam kurun waktu 3 jam sekali. Pada bayi yang baru lahir umumnya ia akan menyusui secara sangat intensif. Untuk itu Ibunda harus memastikan bahwa kebutuhan makanan sang bayi tercukupi.

Setidaknya untuk mengetahui bahwa sang buah hati telah dapat menyusu dengan normal menunjukkan bahwa ia memiliki kondisi pencernaan yang normal dari cara mengecek apakah sang buah hati mengeluarkan urin yang banyak yang di lihat dari basahnya popok yang di pasang.

1 sampai 3 buah popok yang basah adalah tanda atau indikator yang menerangkan bahwa sang bayi memiliki keadaan pencernaan yang baik dan normal. Demikianlah beberapa info penting mengenai proses menyusui bayi baru lahir.