Bolehkah Bayi 6 Bulan Minum Air Putih?

Bolehkah Bayi 6 Bulan Minum Air Putih?

Air putih untuk bayi 6 bulan seringkali membuat galau bunda. Hal itu erat kaitannya dengan pemeo umum selama ini bahwa seorang bayi jangan dulu diberi air putih. Maka bisa jadi kemudian bunda merasa bingung antara memberikan air putih atau tidak untuk bayi yang sangat bunda sayangi.

Dalam kondisi semacam itu, bunda tentu membutuhkan semacam patokan. Bagaimana sebenarnya ukuran boleh tidaknya memberikan air putih untuk bayi? Bunda bisa mendapatkan pengarahan yang jelas di bawah ini termasuk bagaimana ketika usia bayi bunda sudah mencapai 6 bulan kelahiran.

Patokan Pemberian Air Putih untuk Bayi
Penting untuk bunda ketahui bahwa larangan bayi minum air putih diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir. Alasannya sederhana yaitu karena air putih bagi bayi baru lahir justru memberikan efek yang kurang sehat. Salah satunya misalnya adalah membuat bayi bunda jadi kekurangan natrium tubuh.

Maka jangan sampai bunda salah paham bahwa karena selama ini sepengetahuan bunda air putih itu menyehatkan, terus bunda memberikannya pada bayi yang baru dilahirkan. Tak semua konsumsi untuk orang dewasa yang sehat juga sehat untuk bayi. Bayi dan bunda punya kebutuhan yang beda.

Pemberian air putih untuk bayi 6 bulan baru kemudian diperbolehkan. Hal itu disebabkan bayi yang sudah berusia enam bulan sudah memiliki sistem imun yang kuat. Efek buruk dari air putih tidak akan terjadi pada usia itu. inilah sebenarnya patokan usia awal seorang bayi boleh minum air putih.

Meski demikian, bukan berarti ketika bayi sudah berusia enam bulan atau lebih bunda boleh hanya memberikan air putih saja. Kebutuhan utama bayi adalah asi dan karena itu bunda harus tetap memberikan konsumsi asi. Air putih hanyalah sampingan dan bukan merupakan konsumsi pokok.

Setelah bunda tahu bahwa bunda diperbolehkan memberikan air putih untuk bayi berusia enam bulan, bunda kemudian harus tahu batasannya. Berapa sih sebenarnya ukuran normal pemberian air putih untuk bayi pada usia segitu? Bunda harus menghindari pemberian air putih yang berlebihan.

Takaran umum yang normal pemberian air putih untuk bayi 6 bulan adalah sebanyak 60 sampai 120 cc. Pemberian bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Baru ketika bayi sudah mencapai usia satu tahun, bunda bisa memperbanyak konsumsinya mencapai 120 cc lebih tergantung kehausan bayi bunda.